Minggu, 17 Januari 2010

Mau Punya Jantung Sehat? Stop Merokok!



Banyaknya pekerjaan banyak memaksa para karyawan untuk duduk berjam-jam di depan komputer. Tidak hanya karyawan, para pelajar dan mahasiswa pun sudah melakukan hal yang sama. Ada yang mengerjakan tugas, ada pula yang sekedar browsing atau bermain game. Satu kesamaan di antar pengguna komputer tersebut, mereka menggunakan komputer selama berjam-jam tanpa istirahat. Tentu akan sangat buruk bagi kesehatan!
Biasanya, mereka hanya makan agar tidak merasa lapar saja tanpa memperhatikan gizi dari makanan yang mereka santap. Hal tersebut dapat membuat kondisi badan semakin buruk, terutama jantung. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Ingin tahu tips apa saja yang dapat Anda jalankan? Mari kita simak beberapa tips singkat berikut.

1. Olah raga. Salah satu hal yang paling banyak dilupakan adalah gerak tubuh. Apabila para pecandu komputer sudah duduk terlalu lama, biasanya mereka lupa untuk bergerak. Oleh karena itu, berolah raga lah secara rutin. Jogging di pagi hari atau senam-senam ringan mungkin cocok buat Anda yang kurang memiliki waktu luang.

2. Berat badan. Berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab tingginya serangan jantung. Kurangi makan makanan ringan terlalu banyak di waktu senggang, karena hal tersebut dapat membuat berat badan Anda cepat naik.

3. Makanan. Kontrol lah makanan Anda. Usahakan makan makanan yang sehat. Untuk menjaga jantung agar tetap sehat, usahakan makan makanan yang mengandung Omega 3. Kandungan tersebut banyak ditemukan di ikan. Makanan yang berserat juga dapat membantu jantung Anda. Oleh karena itu, jangan lupa makan sayuran. Kurangi juga makan makanan yang banyak mengandung kolestrol. Anda bisa mencegah tingginya kolestrol di makanan dengan cara makan bawang putih.

4. Jangan terlalu stres. Banyak refreshing apabila pekerjaan Anda sudah terlalu “membunuh”. Duduk santai mendengarkan musik, jangan yang terlalu keras, tapi dengarkan musik lembut. Jalan-jalan juga dapat membantu, tapi usahakan jalan ke tempat yang dipenuhi dengan keindahan alam. Jangan jadikan mall sebagai tempat favorit Anda. Kebanyakan belanja mungkin bisa membuat Anda makin stres.

5. Jangan merokok!

Related Post:

0 comments:

Posting Komentar